Selasa, 21 Mei 2013

TIPS MEMILIH SMARTPHONE



      Sekarang smartphone dengan sistem operasi sudah banyak di pasaran. Para produsen smartphone seperti berlomba mengeluarkan smartphone dengan sistem operasi.
Sudah pasti mereka membuat smartphone dengan kualitas dan fitur yang canggih. Supaya tidak salah dalam memilih smartphone, akan saya kasih tips cara memilih smartphhone.

      Kenyamanan saat menggunakan

    Harus diakui, kadang bentuk desain smartphone mempengaruhi seorang pembeli. Tapi yang harus diperhatikan sebenarnya adalah fitur di dalamnya. Seperti kelengkapan port dan slot, keyboard fisik, dan yang terpenting adalah kenyamanan saat anda memakainya.

      Merek Smartphone

      Merk smartphone juga kadang jadi pilihan seseorang. Tapi sebaiknya anda jangan terlalu loyal pada satu merk. Lebih baik anda memilih dan mencari kebijakan smartphone dengan vendor yang siap dalam menyediakan update firmware. Pahami versi-versi smartphone dan apa yang bisa dilakukannya.

      Lokasi Service Center

      Ini juga penting. Sehebat apapun smartphone jika kurangnya dukungan dari service center pasti akan repot juga. Soalnya tidak selamanya smartphone berada dalam kondisi baik. Alangkah baiknya sebelum membeli smartphone tanyakan dimana saja lokasi service center.

      Harga Jual Kembali

      Harga jual ponsel juga harus dipertimbangkan. Kadang dalam keadaan terdesak atau karena tergiur dengan smartphone keluaran terbaru, kita terpaksa menjual smartphone yang kita miliki. Sebagai acuan, kita dapat melihat harga smartphone di tabloid.

      Hardware

      Perlu juga diperhatikan spesifikasi hardware yang dibenamkan di dalam smartphone yang akan kita incar. Dalam hal ini yang paling banyak berpengaruh adalah Proceccor, RAM, dan ROM. Smartphone kelas atas sudah memiliki hardware yang mumpuni, tapi tentu berimbas kepada harga yang lebih mahal. Pada smartphone yang kelasnya setara, sebaiknya bandingkan dulu spesifikasi yang ditawarkan.

      Layar

      Kebanyakan smartphone menggunakan layar sentuh. Ukuran diagonal, jenis yang dipakai (capacitive atau resistive), kedalaman warna, tingkat resolusi, teknologi layar(TFT, OLED, AMOLED, SUPER AMOLED, IPS) . Semuanya harus diperhatikan jika ingin membeli smartphone touchscreen. Walau sekilas sama, tapi faktor di atas akan sangat mempengaruhi tampilan dan pengalaman penggunaan.

      Sesuaikan Dengan Kebutuhan 

      Smartphone saat ini memang sudah menjadi gaya hidup, tapi jangan membuat kita terjebak dengan membeli smartphone canggih tapi tidak sesuai kebutuhan. Pilihlah smartphone yang benar-benar anda butuhkan. Apa itu smartphone yang punya tv analog, versi terbaru, kamera tinggi, atau yang diengkapi fitur yang bisa membantu pekerjaan. Yang jelas harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak ada komentar: