Minggu, 24 Maret 2013

FAKTA UNIK KUKU


Pada dasarnya, semua manusia normal pasti mempunyai kuku, yaitu sebuah tulang lunak yang tumbuh dan keluar  di setiap ujung jari. Tahukah kamu tentang kuku kita tersebut? American Academy of Dermatology, American Academy of Dermatology, sebuah perhimpunan dokter spesialis kulit di Amerika memberikan fakta-fakta berikut :
  • ·         Kuku tumbuh sekitar 0,1 mm per hari
  • ·         Kuku jari tangan cenderung tumbuh sedikit lebih cepat disbanding kuku jari kaki
  • ·         Kuku jari kaki berukuran kurang lebih dua kali lebih tebal daripada kuku jari tangan
  • ·         Secara umum, kuku cenderung tumbuh lebih cepat selama musim panas dibanding musim dingin
  • ·         Kuku laki-laki lebih cepat tumbuh daripada kuku perempuan

Kuku jari tangan dan kaki berupa piringan kertas yang terbuat dari protein, yaitu keratin. Pertumbuhan kuku terjadi  pada bagian bawah lipatan daging yg terletak di dasar kuku. Daerah yang disebut matrix kuku menambah sel berkeratin ke akar kuku. Seluruh kuku didorong terus-menerus kea rah depan di sepanjang bantalan kuku sampai ke ujung.

Kuku dihasilkan oleh sel-sel kulit pada jari. Pertumbuhan kuku sangat dipengaruhi oleh aktivitas sel-sel kulit itu. Aktivitas sel-selnya sangat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti lingkungan (lingkungan gelap di dalam sepatu cenderung membuat aktivitas sel menurun), suhu (suhu panas mempercepat proses metabolisme sel sehingga kuku lebih cepat tumbuh), system sirkulasi darah (semakin jauh dari jantung semakin sedikit pasokan darahnya sehingga mengurangi aktivitas sel), dan sifat keturunan.

Jenis kelamin juga berpengaruh pada pertumbuhan kuku. Kuku laki-laki lebih cepat panjang dibandingkan dengan kuku perempuan. Lingkungan yang pengap (misalnya tertutup sepatu) dan jaraknya paling jauh dari jantung membuat pertumbuhan kuku kaki terhambat. Itulah sebabnya, kuku jari tangan tumbuh lebih cepat daripada kuku jari kaki.

source : halaman belakang buku pelajaran kelas 8